Nikkei Menguat Merespons Pernyataan Pejabat The Fed

Monexnews -Saham di Bursa Jepang menguat mencoba menyentuh level tertinggi 21 tahun pada hari Kamis setelah Federal Reserve A.S. menyatakan optimisme mengenai pertumbuhan ekonomi AS sekaligus memperkuat peluang  kenaikan suku bunga di akhir tahun. Pengumuman ketua Fed baru juga ditunggu investor hari ini di pekan ini.

Namun, para investor merasa khawatir terhadap prospek kebijakan pemotongan pajak karena adanya perselisihan di internal Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat A.S. Akibatnya, pengumuman mengenai kebijakan tersebut tertunda sehari dan baru akan diumumkan hari ini.

Indeks MSCI terbesar di Asia Pasifik di luar Jepang  bertambah 0,2 persen, naik ke level tertinggi sejak November 2007.

Sedangkan indeks saham Nikkei Jepang. N225 naik 0,2 persen pada akhir perdagangan pagi, dengan harga tertinggi baru 21 tahun dan di jalur untuk mendapatkan kenaikan dari 2 persen dalam seminggu. Bursa Jepang akan ditutup untuk hari libur nasional pada hari Jumat besok. Nikkei merespons positif kenaikan indeks Dow Jones semalam. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 57,77 poin atau 0,25 persen menjadi ditutup pada 23.435,01 poin, indeks S&P 500 naik 4,1 poin atau 0,16 persen menjadi berakhir di 2.579,36 poin, dan Indeks Komposit Nasdaq ditutup turun 11,14 poin atau 0,17 persen menjadi 6.716,53 poin.

Bursa saham Jepang cenderung mengikuti bursa Wall Street dimana saat perekonomian AS membaik maka dolar akan menguat dan yen melemah sehingga bisa membuka peluang meningkatkan ekspor Jepang.

(Irdy)

Lihat Disclaimer Article Source

Добавить комментарий

Яндекс.Метрика