Market Movers: Selain Geopolitik, Fokus Tertuju Pada Pidato Petinggi Bank Sentral

Monexnews — Bursa saham Asia dibuka stabil menyusul pemicu baru dari Korea Utara yang mendorong aliran dana menuju aset safe haven, dengan fokus kembali tertuju pada komentar dari petinggi bank sentral. 

Fokus utama investor hari ini akan tertuju pada pidato oleh Gubernur the Fed Janet Yellen nanti malam, mencari petunjuk apakah bank sentral akan menaikkan suku bunga kembali di tahun ini. Petinggi the Fed, William Dudley mengatakan bank sentral harus memperthanakan strategi pengetatan kebijakan secara bertahap, sementara Fed Charles Evans mendesak agar berhati-hati, begitu jugadengan Fed Neel Kaskhari.

Harga emas

Meski ditopang oleh kembali memanasnya situasi antara AS dan Korut, harga emas membutuhkan katalis lain untuk melanjutkan pergerakan naik. Pernyataan dovish dari Yellen berpotensi melanjutkan rally harga emas menuju resisten di kisaran $1325 hari ini, sebaliknya komentar Yellen yang hawkish akan menekan harga emas kembali ke support di kisaran $1287.

Harga minyak

Harga minyak berpotensi bergerak stabil, masih ditopang oleh ancaman Turki terkait jalur pipa pengiriman minyak Irak. Range perdagangan berkisar antara $51.60 — $53.10. Investor juga akan nantikan laporan suplai minyak oleh American Petroleum Institute, yang diprediksi menunjukkan kenaikan sebanyak 2.3 juta barel.

EURUSD

EURUSD berada dalam tekanan turun seiring kemenangan tipis Angela Merkel pada pemilu Jerman serta pernyataan presiden ECB Mario Draghi bahwa volatilitas euro sebagai sumber ketidakpastian yang butuh pemantauan dan akomodasi moneter ECB masih diperlukan. Penurunan ke bawha level support 1.1820 akan membuka peluang untuk menguji support di level 1.1680

GBPUSD

Kekecewaan terhadap pidato Brexit oleh Theresa May dan downgrade Moody’s hari Jumat lalu masih menjadi pemicu sentimen negatif bagi pasangan GBPUSD. Break ke bawah level support 1.3450 berpotensi memicu momentum bearish lebih lanjut menuju support 1.370 atau bahkan 1.3270.

USDJPY

Penguatan yen berkat permintaan safe haven menekan turun pasangan USDJPY kembali ke bawah level 112.00. Namun bagaimanapun juga, konflik yang berada di wilayah Asia akan membatasi permintaan terhadap yen Jepang. Range USDJPY berkisar antara 111.00 — 112.70.

(Agus Chandra)

Lihat Disclaimer Article Source

Добавить комментарий

Яндекс.Метрика