Market Movers: Rencana Pajak Trump Berpotensi Topang Penguatan Dollar

Monexnews —  Rencana pemangkasan pajak oleh Presiden AS Donald Trump disambut baik oleh Wall Street dan dollar AS, sementara harga emas anjlok. Pemangkasan pajak tersebut dipercaya dapat memciu pertumbuhan dan tingkat investasi, mendorong permintaan investor untuk aset- aset yang dapat menguntungkan dari penguatan negara perkeonomian terbesar duan tersebut. 

Ditambah dengan nada hawkish dari gubernur the Fed Janet yellen, dollar mendapat dorongan naik dari prospek aliran modal masuk seiring perusahaan mengambil keuntungan dari pajak repatriasi satu kali.

Harga emas

Optimisme rencana pajak dan sikap dari Federal Reserve AS masih akan menekan harga emas turun di hari ini, dengan fokus tertuju pada data GDP dan klaim pengangguran AS nanti malam. Support harga emas ada di level $1280 dan $1267.

Harga minyak

Laporan penurunan suplai sebanyak 1.8 juta barel oleh Energy Information Administration menopang harga minyak tetap berada di atas level $52 per barel. Harga minyak masih berpotensi menguji level resisten $52.60, sementara support ada di level $51.00.

EURUSD

Harapan reformasi fiskal di AS berpotensi memicu penguatan dollar dan menekan EURUSD turun ke level support 1.1675 hari ini. Pasar nantikan rilis data laju inflasi Jerman dan Spanyol.

GBPUSD

Masih di bawah bayang-bayang penguatan dollar, GBPUSD berpotensi menguji support 1.3265, namun pidato dari gubernur Bank of England Mark Carney yang hawkish malam nanti berpotensi memicu rebound pada GBPUSD kembali ke level 1.3460.

USDJPY

Trend penguatan dollar nampak masih berlanjut, USDJPY terpantau masih berada di level 112.85 pada sesi Asia. Pidato oleh Gubernur Bank of Japan yang dovish berpotensi melanjutkan rally USDJPY menuju resisten 114.00 hari ini. Sebagian fokus pasar juga tertuju pada rilis data ekonomi AS dan pidato oleh Fed Stanley Fischer nanti malam.

Rilis data ekonomi selengkapnya bisa dilihat di Calendar

(Agus Chandra)

Lihat Disclaimer Article Source

Добавить комментарий

Яндекс.Метрика