Market Movers: Potensi Pergerakan Pasar Merespon Keputusan ECB

Monexnews — European Central Bank (ECB) akan mengumumkan hasil rapat kebijakan moneter sore ini pukul 18:45 WIB, dan konferensi pers pukul 19:30 WIB. Hasil rapat ECB kali ini disebut paling penting di tahun ini karena ekspektasi pemangkasan stimulus moneter (QE).

Tapering kemungkinan besar pasti akan dilakukan, namun yang belum pasti adalah bagaimana pemangkasan QE akan dilakukan atau seberapa besar pemangkasan.

Potensi Pergerakan

Emas
Harga emas memiliki peluang menguat ke area 1290 jika dolar hari ini melemah merespon pengumuman ECB. Support terdekat di kisaran 1274.

Minyak Mentah
Kenaikan stok minyak mentah di AS membuka peluang penurunan harga ke area $51.40, apalagi melihat posisi minyak mentah yang berada dekat level tertinggi 5 bulan. Hanya penembusan konsisten di atas 52.50 yang dapat membawa harga kembali menguat.

EURUSD
Volatilitas EURUSD akan tinggi pada hari ini, arah pergerakan akan ditentukan oleh hasil rapat kebijakan moneter ECB. Jika ECB menghentikan QE dan mengindikasikan kenaikan suku bunga EURUSD berpeluang besar menguat ke 1.1960. Sementara jika QE dipangkas sebagian EURUSD kemungkinan akan turun ke 1.1680.

GBPUSD
GBPUSD yang naik 130 pip Rabu kemarin berpeluang melanjutkan kenaikan ke area 1.3350 hari ini selama bertahan di atas 1.3220.

USDJPY
Kemenangan besar Shinzo Abe pada Pemilu 22 Oktober membuka peluang pelemahan yen, dan USDJPY berpotensi naik ke area 114.10 selama bertahan di atas support 113.20.

AUDUSD
Kenaikan inflasi Australia yang lebih rendah dari perkiraan meredam ekspektasi kenaikan suku bunga di AS pada tahun depan, dan AUDUSD berpotensi melanjutkan penurunan ke area 0.7630. Resisten di kisaran 0.7750.

Rilis data ekonomi selengkapnya bisa dilihat di Calendar

(Putu Agus)

Lihat Disclaimer Article Source

Добавить комментарий

Яндекс.Метрика