Market Movers: Ketidakpastian Politik di Zona Euro Khawatirkan Investor Pasar Keuangan

Monexnews — Kekhawatiran investor terhadap perkembangan politik di zona Euro masih menjadi penggerak pasar hari ini, khususnya untuk EURUSD, dengan masih belum stabilnya masalah di Catalonia Spanyol, kemenangan Sebastian Kurz dalam pemilu di Austria yang didukung partai sayap kanan yang anti imigrasi, terpilihnya Andrej Babis sebagai Perdana Menteri baru di Ukraina serta dua wilayah kaya di Italia (Milan dan Venesia) yang mengajukan referendum untuk otonomi dari Roma. 

Selain itu serangkaian data manufaktur dan indeks jasa dari Perancis, Jerman dan zona Euro yang dirilis pada hari ini juga dapat menjadi pemicu pergerakan pasar keuangan di zona Euro. 

Berikut potensi pergerakan mata uang dan komoditas hari ini:

Emas
 
Harga emas masih berpotensi kembali tertekan turun pada hari ini dengan masih solidnya penguatan dolar AS dengan ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga Fed di bulan Desember mendekati level 100%. Untuk target support terlihat di area 1272 dan untuk sisi atasnya target resisten berada di area $1290.
 
Minyak 
 
Tren pergerakan harga minyak masih berpotensi untuk lanjutkan kenaikannya pada hari ini dengan sentimen pasar masih dipengaruhi oleh kekacauan politik di Irak, penurunan produksi di AS serta tingginya permintaan di Asia, untuk jangka pendek level resisten terdekat tampak di area $52.40 dan level support terlihat di area $51.25
 
EURUSD
 
Pergerakan EURUSD berpotensi tertekan pada hari ini di tengah ketidakpastian politik di zona Euro untuk menguji level support terdekat di level 1.1700 dan level resisten di 1.1800. Untuk hari ini investor menantikan serangkaian data manufaktur dan indeks jasa dari serangkaian negara di zona Euro. 
 
GBPUSD
 
GBPUSD berpeluang untuk masih bergerak naik pada hari ini dengan sentimen pasar masih dipengaruhi outlook soft Brexit setelah adanya pernyataan yang optimis dari PM Theresa May. Untuk level resisten terdekat terlihat di area 1.3250 dan level support berada di 1.3160.
 
USDJPY
 
Pasangan USDJPY berpeluang untuk menguat lebih lanjut setelah pesimisnya data manufaktur Jepang. Sentimen kenaikan juga berpotensi ditopang kemenangan Shinzo Abe dan menguatnya dolar AS. Dalam jangka pendek resisten terdekat terlihat di area 114.00 dan level support berada di 112.70.
 
AUDUSD
 
Pernyatan pernyataan yang pesimis dari Gubernur bank of China terkait perekonomian negaranya berpeluang menjadi katalis negatif untuk AUDUSD pada hari ini menguji level support terdekat di 0.7780 dan level resisten terdekat terlihat di area 0.7850.
 
USDCAD
 
USDCAD berpotensi lanjutkan kenaikannya pada hari ini dengan katalis terbesar datang dari penguatan dolar AS dengan outlook kenaikan suku bunga Fed di bulan Desember serta reformasi fiskal AS. Untuk jangka pendek level resisten terdekat berada di area 1.2700 dan level support berada di area 1.2560.
 

Rilis data ekonomi selengkapnya bisa dilihat di Calendar

(Faisyal)

Lihat Disclaimer Article Source

Добавить комментарий

Яндекс.Метрика