Market Movers: Keputusan Moneter BoC Yang Dovish Dapat Dorong Kenaikan USDCAD

Monexnews — Keputusan moneter dari Bank of Canada dapat menjadi fokus pasar pada hari ini di tengah sebelumnya trader perkirakan bank sentral akan naikan suku bunga satu kali lagi pada tahun ini. Namun dengan pesimisnya data inflasi dan penjualan retail Kanada yang dirilis pekan lalu, bank sentral kemungkinan pada pertemuan kali ini masih belum merubah kebijakannnya.

Selain itu yang menjadi perhatian pasar juga pada hari ini adalah data GDP Inggris di tengah isu negosiasi Brexit yang masih belum jelas, data pesanan barang tahan lama AS yang diperkirakan akan stagnan serta cadangan minyak mentah AS yang diperkirakan akan kembali turun. 

Berikut potensi pergerakan mata uang dan komoditas hari ini:

Emas 

Harga emas masih dalam tekanan turun pada hari ini dengan dolar yang masih menjaga penguatannya dengan sentimen kenaikan suku bunga di Desember serta outlook refromasi pajak AS yang akan diloloskan oleh Kongres. Untuk jangka pendek harga berpotensi untuk menguji level support di $1275 sebelum membidik ke area support kuat di $1260. Pada hari ini investor nantikan data pesanan barang tahan lama AS pukul 19:30 WIB. 

Minyak

Harga minyak berpeluang lanjutkan kenaikannya pada hari ini setelah adanya komentar yang optimis dari negara eksportir terbesar di dunia (Arab Saudi) untuk terus menekan tingkat produksi. Kenaikan harga minyak berpotensi dapatkan dukunga lebih lanjut jika data cadangan minyak yang dirilis oleh EIA kembali menunjukkan penurunan cadangan. Dalam jangka pendek level resisten terdekat terlihat di area $52.80 sementara itu untuk level supportnya berada di area  $52.00.

EURUSD

Pergerakan EURUSD berpotensi untuk naik dalam jangka pendek pada hari ini dengan pasar bersiap untuk pertemuan ECB yang diperkirakan akan memangkas pembelian obligasi mereka. Untuk hari ini data iklim bisnis Jerman yang dirilis pukul 15:00 WIB dapat menopang kenaikan pasangan mata uang ini jika data dirilis lebih baik dari estimasi. Untuk level resisten terdekat berada di area 1.1800 sementara itu level support terlihat di area 1.1700.

GBPUSD

Data GDP Inggris yang dirilis pada hari ini dapat menjadi penopang kenaikan GBPUSD jika data dirilis lebih baik dari estimasi, di tengah kekhawatiran terhadap proses negosiasi Brexit yang belum ada titik kejelasan lebih lanjut. Dalam jangka pendek level resisten terdekat berada di area 1.3165, menembus ke atas dari zona tersebut harga dapat membidik ke resisten kunci di 1.3200.

USDJPY

Sentimen masih berlanjutnya kebijakan ultra longgar setelah kememangan kemengan PM Shinzo Abe masih menjadi katalis positif untuk USDJPY pada hari ini untuk menguji level resisten terdekat terlihat di area 114.10 sebelum membidik ke level 114.50 sebagai level resisten kunci. 

AUDUSD

Data inflasi Australia yang pesimis akan menjadi beban pergerakan AUDUSD pada hari ini karena itu akan membuat RBA tidak tergesa-gesa untuk menaikan suku bunga dalam waktu dekat. Level support terdekat terlihat di area 0.7675 sebelum membidik ke area  support yang lebih dalam di 0.7630.

USDCAD

Kebijakan moneter Bank of Canada yang dirilis pukul 21:00 WIB yang diperkirakan masih dovish setelah data inflasi dan penjualan retail Kanada yang pesimis berpeluang dorong kenaikan USDCAD pada hari ini untuk mengincar level resisten terdekat di area 1.2720 sementara itu untuk level support terdekat terlihat di zona 1.2620.

Rilis data ekonomi selengkapnya bisa dilihat di Calendar

(Faisyal)

Lihat Disclaimer Article Source

Добавить комментарий

Яндекс.Метрика