Faktor Geopolitik Angkat Harga Minyak ke $57.27

Monexnews — Pada perdagangan sesi Asia, Selasa (7/11/2017) minyak West Texas Intermediate  (WTI)  berusaha melanjutkan penguatan harga yang terjadi pada Senin.

 

Saat penulisan, WTI diperdagangkan di $57.27, atau naik 5 sen dari penutupan kemarin.

 

Harga minyak WTI naik ke level tertinggi dalam dua tahun di 57.58 per barel pada perdagangan Senin kemarin merespons penangkapan puluhan pejabat Arab Saudi termasuk keluarga kerajaan.

 

Akhir pekan lalu Putera Mahkota Mohammad bin Salman membersihkan pemerintahan dari pejabat yang diduga korup. Laporan tentang meningkatnya ketegangan antara Arab Saudi dan Iran juga ikut mengangkat harga minyak. Pengunduran diri Perdana Menteri Libanon yang dekat dengan Arab Saudi memantik reaksi dari pemerintah Arab Saudi.

 

Arab Saudi menuduh Lebanon mendeklarasikan perang melawannya karena agresi oleh kelompok Hizbullah yang didukung Iran. Saad al-Hariri, memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya dengan alasan takut dibunuh seperti ayahnya Rafik al-Hariri.

 

Selain geopolitik, sentimen mengangkat harga minyak adalah permintaan global  yang naik dan munculnya dukungan negara-negara produsen minyak seperti Nigeria untuk melanjutkan pemangkasan produksi.

 

 (Irdy)

Lihat Disclaimer Article Source

Добавить комментарий

Яндекс.Метрика