EURUSD Naik ke 1.1637 Usai Data Penjualan Retail Jerman

Monexnews -EURUSD beringsut ke 1.1637, naik 0.25% (30 pip) di sesi Eropa, Senin, menjauhi level terendah tiga bulan di $ 1,1574 pada hari Jumat. Data inflasi awal bulan Oktober jerman yang akan dirilis beberapa saat lagi akan menentukan pergerakan pasangan ini selanjutnya.

Data penjualan retail Jerman bulan September yang naik 0.5%, sesuai estimasi dan juga lebih besar daripada Agustus menjadi pendorong. Selain itu melemahnya yield US Treasury usai tersiarnya berita kecenderungan pilihan Presiden AS Donald Trump pada Jerome Powell, figur dovish sebagai ketua Federal Reserve berikutnya menipiskan gap dengan yield obligasi Jerman.  

Dari Spanyol situasi politik masih membebani euro. Pada hari Sabtu, Presiden Catalonian Carles Puigdemont menyerukan «oposisi demokratis» damai untuk pengambilalihan pemerintah pusat di wilayah tersebut setelah deklarasi kemerdekaannya yang sepihak dari Spanyol.

Sebelumnya EUR turun drastis pada hari Kamis, usai ECB mengatakan akan memperpanjang pembelian obligasi ke bulan September 2018 sambil mengurangi pembelian bulanannya setengah sampai 30 miliar euro mulai bulan Januari. Langkah tersebut membuat investor bertaruh bahwa bank sentral tidak akan memulai kenaikan tingkat suku bunga hingga 2019.

(Irdy)

Lihat Disclaimer Article Source

Добавить комментарий

Яндекс.Метрика